Selasa, 22 Agustus 2017

SOAL SBMPTN, UTUL UGM, SIMAK UI - CAHAYA

SOAL SIMAK UI 2012 KODE 522 NO 30
Suatu cahaya datar datang mengenai prisma yang memiliki indeks bias n = 1,5 dan sudut puncak 4o. Cahaya yang keluar dari prisma mengenai  cermin seperti tampak gambar. Agar sinar pantul yang berasal dari cermin mempunyai arah horizontal, maka cermin harus di putar sejauh?
Jawab 
Sudut deviasi prisma minimum prisma dengan sudut pembias β<15°:







agar sinar pantul  menjadi horizontal maka cermin harus diputar 1° searah jarum jam 





SOAL UM UGM 2004 KODE 312
Diinginkan untuk mengurangi pantulan dari suatu permukaan kaca (n= 1,6) dengan menempelkan lapisan transparan yang tipis terbuat dari MgF2(n=1,38) pada permukaan kaca itu. Tebal lapisan itu dalam Å yang diperlukan agar diperoleh pantulan minimum, apabila cahaya dengan 500 nm datang normal adalah?
Jawab
Interferensi lapisan tipis tejadi pantulan menunjukan keadaan terang dan minimum menunjukkan orde m= 0, maka:
Terang
               

                              
                              

SOAL SPMB 2007 NO 33
Sebuah cahaya monokromatis dengan panjang gelombang 5000 angstrom mengenai kisi yang terdiri atas 10000 celah/cm. Garis terang orde pertama diamati terjadi pada sudut 30°Apabila kedua ujung kisi ditutup sedemikian hingga cacah celah yang dilewati cahaya tinggal 5000, maka pada sudut 30° tersebut akan diamati?
Jawab
Difraksi Kisi (terang)

Karena d tetap, θ tetap, dan λ tetap, maka orde tetap yaitu orde 1

SOAL SPMB 2007 NO 40Seberkas sinar X dengan panjang gelombang 1,5 angstrom ditembakkan pada kristal bahan padatan. Jika sinar tersebut mengalami difraksi maksimum orde pertama pada sudut 30°, maka perkiraan jarak antara atom pada kristal tersebut adalah?

Jawab
Difraksi pada kristal
             

        
                        





0 comments:

Posting Komentar

popcash