Kantor merupakan pusat kegiatan, pemikiran dan komunikasi yang menggerakkan seluruh jaringan organisasi. Di kantor diolah segalam macam persoalan yang menyangkut hidup matinya organisasi. Karena itu pekerjaan kantor pada hakikatnya juga ikut menentukan nasib organisasi.
Pada dasarnya ada dua jenis pekerjaan kantor sebagai berikut.
- Pekerjaan kantor yang bersifat ketatausahaan. Pekerjaan ini banyak berhubungan dengan tulis menulis. Diantaranya yang termasuk kedalam kelompok ini adalah:
1. Pengurusan surat
2. Kearsipan
3. Pengetikan
4. Pengurusan Kepegawaian
5. Pengurusan Keuangan
6. Pengurusan Perlengkapan
7. Penggandaan
8. Pembuatan Laporan - Pekerjaan kantor yang tidak bersifat ketatausahaan. Pekerjaan ini tidak banyak berhubungan dengan pekerjaan tulis menulis. Kelihatannya pekerjaan ini sepele, tetapi bila dilaksanakan dengan baik, maka akan bermanfaat besar bagi organisasi kantor dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Jenis pekerjaan yang termasuk kelompok ini adalah:
1. Penerimaan Tamu
2. Penanganan Telepon
3. Pelayanan Keamanan
4. Pelayanan Kebersihan
- Receiving, dispatching and shipping orders, (menerima, mengirim dan mengangkut pesanan-pesanan dengan kapal).
- Billing (membuat rekening)
- Filling (menyimpan warkat)
- Passing credit and collecting outstanding accounts (menyampaikan hutang dan mengumpulkan perhitungan-perhitungan yang belum diselesaikan).
- Handling, distributing, and dispatching mail, (mengurus, membagi dan mengirimkan surat-surat)
- Duplicating and addressing work, (memperbanyak warkat dan memberikan alamat)
- Miscellanous, such as telepone, receiving visitors, messenger service (bermacam-maccam pekerjaan seperti menelepon, menerima tamu)
- Special tsks (tugas-tugas khusus)
- Making records atau noting down desired data (membuat warkat-warkat atau mencatat data-data yang diinginkan)
Lain halnya menurut Drs. A.S. Moenir, dalam bukunya "tatalaksana pekerjaan dan penerapannya", bahwa secara umum pekerjaan perkantoran terdiri atas 4 jeni yaitu:
- Kegiatan pencatatan (recording)
- Kegiatan Klasifikasi (classifying)
- Kegiatan komunikasi (comunicating)
- Kegiatan Pengolahan (manipulating)
Masing-masing jenis mempunyai peranan sendiri, akan tetapi selalu berkaitan satu sama lain, sehingga keempat jenis tersebut dalam praktiknya tidak bisa dipisahkan.
Dari kedua pendapat diatas, pada dasarnya mempunyai kesamaan. Dan apabila kita simpulkan dari kegiatan tersebut, dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis kegiatan, yakni kegiatan bersifat ketatausahaan dan kegiatan yang tidak bersifat ketatausahaan.
0 comments:
Posting Komentar