Selasa, 01 Maret 2016

SISTEM PENDINGINAN SEPEDA MOTOR


 

Sistem pendinginan sepeda motor berfungsi untuk mendinginkan mesin agar mesin bekerja pada temperatur kerjanya dan tidak mengalami over heating.
Sistem pendinginan sepeda motor ada 3 yaitu:
  1. Sistem pendinginan udara
  2. Sistem pendinginan air
  3. sistim pendinginan oli
Sistem pendinginan udara dibedakan menjadi dua, yaitu:
a.  Sistem pendinginan udara alami
Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan.
Sirip-sirip pendingin di blok silinder dan kepala silinder berfungsi untuk memperluas bidang
pendinginan









































































b.      Sistem pendinginan udara paksa

Udara disirkulasikan oleh kipas ke sirip-sirip pendingin.Sistim pendingin udara  Sistem pendingin udara banyak digunakan pada sepeda motor dengan cc mesin yang rendah, biasanya dibawah 125 cc, namun bila lebih dari 125 cc biasanya menggunakan sistem pendingin air. Sistem pendingin udara ini biasanya berupa sirip – sirip pada blok mesin dan kepala silinder mesin.  
Sistem pendingin ini bekerja pada saat sepeda motor melaju atau berjalan, di mana udara akan mengenai sirip – sirip tersebut dan panas mesin dapat dibuang ke udara melalui sirip – sirip mesin tersebut. Jumlah sirip – sirip tersebut sudah dirancang khusus oleh para produsen kendaraan agar didapat pendinginan yang sesuai untuk mencapai suhu kerja mesin yang diinginkan. Bila sirip – sirip itu patah, maka akan sangat mempengaruhi dari suhu mesin tersebut.



2.      Ssistem pendinginan air

Sekeliling silinder dan kepala silinder diberikan rongga-rongga berisi air yang disirkulasikan oleh pompa air (water pump). Air yang telah menyerap panas mesin dialirkan ke radiator untuk didinginkan melalui kisi-kisi radiator dan aliran udara yang melaui radiator.




Sistim pendingin air:
  Pada sistem pendingin air yang digunkan adalah air sebagai bahan pendinginnya. Komponen – komponen sistem pendingin air adalah sebagai berikut:

1.      Radiator: Radiator berfungsi sebagai tempat menampung air sekaligus mendinginkan air yang berasal dan akan dialirkan ke mesin.
2.      Water pump : berfungsi untuk mensirkulasikan air ke dalam sistem           pendingin.
3.      Tutup radiator: berfungsi mengatur tekanan dan suhu air pendingin di      dalam radiator.
4.      Water jacket: adalah ruang dalam blok mesin dan silinder blok yang         menampung dan menghantarkan panas mesin ke air pendingin.
5.      Thermostat: berfungsi untuk mengatur suhu kerja mesin dengan cara         mengatur sirkulasi air pendingin.
6.      Selang : adalah komponen untuk mensirkulasikan air pendingin dari           radiator ke blok mesin atau sebaliknya.
3.      Si         sistem Pendingin Oli
suatu sistim baru yang digunakan untuk sepeda motor cc 125 keatas untuk kebutuhan kota ataupun jarak dekat. sistim ini digunakan untuk mendinginkan oli yang ada di kalter oli atau panci oli, oli bisa naik ke atas oil cooler karena tekanan dari pompa oli yg sangat tinggi.

0 comments:

Posting Komentar

popcash