Kamis, 12 Januari 2017

Pemenang Guru Favorit Jambi Ekspres 2015 Road To China



Pemenang Guru Favorit Jambi Ekspres 2015 Road To China

Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Selain sebagai pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap usaha pendidikan, khususnya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini menunjukkan betapa eksisnya peran guru dalam dunia pendidikan.
Program Guru Favorit yang dilaksanakan oleh Jambi Ekspres merupakan satu-satunya koran di Jambi yang konsisten menggelar program untuk meningkatkan SDM tenaga pengajar. Para pemenang diberi penghargaan edukasi tour ke luar negeri. Untuk menjadi seorang guru favorit menurut Imam Ghazali salah satunya haruslah seseorang yang cerdas.
Seleksi Guru Favorit yang diselenggarakan oleh Jambi Ekspres merupakan suatu kompetisi yang melibatkan para guru yang cerdas, dimana semua peserta diuji kemampuannya dalam tiga tahapan selama 8 bulan dengan tim juri yang profesional. Adapun tahapan tes yang dilalui adalah penilaian portofolio, menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mempresentasikan PTK, tes wawancara, wawancara bahasa Inggris, dan psikotes. Tahapan demi tahapan yang dilalui dari kompetisi ini, maka lahirlah guru-guru terbaik yang berwawasan global, untuk tujuan akhir peningkatan mutu pendidikan khususnya di Provinsi Jambi.
Sebanyak 10 orang Guru Favorit Jambi Ekspres 2015 road to China hasil seleksi sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Jambi Ekspres, karena melalui kompetisi ini dapat meningkatkan kualitas, kompetensi, dan pengembangan wawasan guru yang terampil, cerdas, dan kompetitif. Diharapkan mampu menghadapi persaingan MEA yang ada di depan mata.
Kunjungan yang telah dilaksanakan para Guru Favorit di sekolah negeri tirai bambu, yaitu Shanghai Community International School, Suzhou No.1 High School, Hangzhou Xuejun High School, dan Beijing Middle School No. 39. Dalam kunjungan ini, para Guru Favorit mengamati, wawancara dengan top manager, teachers, and students untuk memperoleh informasi tentang pendidikan yang ada di China dan membandingkan dengan sekolah yang ada di Indonesia, sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan sekolah yang ada di Indonesia khususnya Provinsi Jambi. Rombongan Guru Favorit berharap agar pendidikan di Provinsi Jambi mampu bersaing dengan negara-negara tetangga khususnya negara Asia.

0 comments:

Posting Komentar

popcash