Sesuai janji saya sebelumnya, disini saya akan coba membagikan cara atau teknik mengerjakan soal UN Geografi Konsep Geografi. Dalam hasil MGMP kemarin, soal konsep geografi merupakan salah satu sola tersulit dengna persentase jawaban terendah dibandingkan indikator lainnya. Soal ini masuk dalam kategori HOT atau High Order Thinking. Mari kita lihat contohnya di bawah ini. Baca juga: Konsep pembagian kekuasaan di Indonesia
1. Desa Sukasari berada di daerah pedalaman hutan. Kondisi jalan yang rusak dan jauh dari kota membuat desa ini perkembangannya sangat sulit. Konsep geografi yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah.....
a. lokasi
b. keterjangkauan
c. asosiasi
d. diferensiasi
e. aglomerasi
Jawaban yang paling tepat adalah b. keterjangkauan. Kata kunci dalam kalimat di atas ada pada kalimat kedua yaitu kondisi jalan yang rusak...........Artinya perkembangan desa itu sulit gara-gara faktor keterjangkauan tersebut. Kenapa bukan lokasi atau asosiasi?. Ingat lokasi kunci adalah ada kalimat yang menyatakan alamat atau letak astronomis atua letak posisi relatif. Sementara asosiasi menyatakan adanya keterkaitan gejalan dalam satu ruang sempit/sama seperti di pantai pasti ada bakau atau nelayan. Di pabrik pasti ada cerobong asap dll.Gimana? ngerti ora son?
Coba lagi!
2. Tanaman paku banyak hidup di daerah pegunungan sementara padi banyak tumbuh di daerah dataran rendah. Konsep geografi yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah.....
a. lokasi
b. jarak
c. asosiasi
d. interaksi
e. morfologi
Jawaban yang paling tepat adalah (kalau saya cenderung e). Kata kuncinya terletak pada pegunungan dan dataran rendah. Memang ini soal yang sangat sulit dan bisa dilihat dalam perspektif berbeda.
Mangrove identik dengan pantai (asosiasi) |
Saya mencoba mencari kata kunci setiap konsep geografi untuk menjawab soal. Kalau saya patokannya adalah seperti ini:
1. Lokasi: kalau ada angka astronomis dan posisi satu sama lain
2. Jarak: kalau ada angka km dan waktu
3. Morfologi: kalau ada gambaran permukaan bumi
4. Keterjangkauan: kalau ada kondisi daerah yang sulit diakses/mudah karena ada rintangan
5. Pola: kalau ada istilah pemukiman menyebar, memusat, atau pola sungai dendritik dll
6. Nilai guna: kalau disebutkan manfaat dari tempat tersebut
7. Interaksi: kalau ada hubungan saling menguntungkan antar tempat
8. diferensiasi: kalau ada dua unit wilayah yang dibedakan
9. Aglomerasi: kalau suatu gejala dipusatkan/dibangun di satu lokasi
10. Asosiasi: kalau ada kecenderungan kaitan gejala dalam satu wilayah (paling banyak pantai:nelayan, gunung: petani sayur, gitu deh contohnya)
Memang untuk memahami konsep geografi saya pun sebagai guru kadang masih bingung dan anak seringkali terkecoh karena level berfikir mereka yang masih di usia remaja. Selamat berlatih, semoga bermanfaat. Lain kali disambung lagi dengan prinsip, pendekatan dan lainnya. Soal geografi memang sangat menantang bagi siswa, jadi kalau banyak yang ga bisa jawab, gurunya jangan dimarahin ya pa kepsek. Coba deh bapa/ibu sendiri jawab soalnya, kalau bisa. hh. Gambar: pirun.ku.ac.th
Baca juga: Soal UN Pengembangan wilayah dan cara jawabnya
INFO HOT!
Masih takut hadapai Ujian Nasional dan SBMTPN tahun depan?. Tenang kini telah hadir Quipper Video solusi belajar gaul kekinian berbasi e-learning. Harga hemat layanan setahun pelajaran full 10 mapel + pembahasan SBMPTN. Dapatkan kode promonya di artikel berikut: PANDUAN DAFTAR QUIPPER
Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=ZEDXPw22w14
Baca juga: Soal UN Pengembangan wilayah dan cara jawabnya
INFO HOT!
Masih takut hadapai Ujian Nasional dan SBMTPN tahun depan?. Tenang kini telah hadir Quipper Video solusi belajar gaul kekinian berbasi e-learning. Harga hemat layanan setahun pelajaran full 10 mapel + pembahasan SBMPTN. Dapatkan kode promonya di artikel berikut: PANDUAN DAFTAR QUIPPER
Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=ZEDXPw22w14
0 comments:
Posting Komentar