Rabu, 05 April 2017

LKS Tingkat Nasional ke-25 Siap digelar


Direktorat Pembinaan SMK (Dit.PSMK) kembali menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional ke 25 yang akan diselenggarakan di Kota Surakarta pada tanggal 16-18 Mei 2017.

LKS tahun ini akan memperlombakan 53 bidang keahlian yang terbagi dalam empat kategori, yakni bidang Teknologi, Pariwisata, Pertanian dan Kriya. Selain itu, ada juga lomba produk inovasi dan software creation.
Kasubdit Perserta Didik Direktorat PSMK, Ir. Nur Widyani MM mengatakan 90% juri dalam LKS tahun ini berasal dari dunia usaha dan dunia industri. Sementara sisanya berasal dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).
Oleh karena itu Nur Widyani berharap, setiap sekolah di semua provinsi ikut berpartisipasi lantaran ini merupakan kesempatan emas untuk menunjukan kemampuan siswa SMK kepada masyarakat luas.

“ini merupakan upaya kita untuk mempromosikan siswa SMK, karena dengan ini mereka bisa menunjukan keahliannya kepada dunia industri dan memiliki kesempatan bekerja di perusahaan yang sesuai dengan minatnya,” sebut Nur Widyani dalam acara Video Conference menyambut LKS ke 25 di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kemarin.

Nur Widyani mengatakan, tujuan utama pihaknya rutin mengadakan LKS setiap tahun adalah mengetahui sejauh mana kemampuan kompetensi peserta didik yang diwakili setiap provinsi. Hal itu merupakan langkah Dit.PSMK mewujudkan kesetaraan mutu pendidikan siswa, yang sejalan dengan Intruksi Presiden Nomor 9 Tentang Revitalisasi SMK.
“Sehingga pemerintah pusat tahu peta kualitas anak dari setiap provinsi dan melihat sejauhmana kesenjangan kualitas kompetensi antara siswa yang berasal dari Pulau Jawa dan luar Jawa, dengan demikian pemerintah akan membuka tangan untuk mewujudkan impian siswa bekerja sesuai dengan keinginannya,” sebut Nur Widyani.
Sementara untuk hadiah, Nur Widyani mengatakan selain tropi dan sertifikat, panitia juga sudah menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan kepada perserta yang berhasil menyabet gelar juara 1,2 dan 3.
Bahkan, Kemdikbud sudah menggandeng beberapa Perguruan Tinggi Negeri untuk hadir dalam LKS tahun ini. Harapannya, agar PTN bisa memberikan beasiswa kepada para siswa berprestasi.
“Kita selalu mengabarkan dunia industri dan PTN, supaya dunia usaha bisa menyiapkan perusahaannya untuk merekrut siswa berprestasi ataupun PTN untuk memberikan beasiswa,” sebut Nur Widyani.
Saat ini, proses pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online sampai tanggal 11 April 2017. Pendafataran untuk 53 bidang keahlian, bisa membuka situs Dit.PSMK secara langsung melalui link http://pesertadidik.ditpsmk.net/reg


0 comments:

Posting Komentar

popcash