RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 1 |
Pertemuan | : | 1 |
Alokasi Waktu | : | 1 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu |
Kompetensi Dasar | : | 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi |
Tujuan | : | Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. |
I. Indikator
· Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
II. Materi Ajar
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan-diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati ciri-ciri makhluk hidup. | · Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi | · Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup. |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
· Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab I
· Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
Mengetahui, | Jakarta ................... 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 1 |
Pertemuan | : | 2-3 |
Alokasi Waktu | : | 3 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu |
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi. |
I. Indikator
· Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
· Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
· Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
· Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
II. Materi Ajar
· Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi
· Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”
III.Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi–Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi · Membuat makalah | · Tugas mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya | · Siswa Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi. |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
· Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup.
· Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
· Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
· Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.
Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B. Kegiatan inti (25 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab I
· Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
· Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi
Mengetahui, | Jakarta ................... 2014 |
Kepala sekolah | Guru Mata Pelajaran biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 1 |
Pertemuan | : | 4 |
Alokasi Waktu | : | 2 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup |
Kompetensi Dasar | : | 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan |
Tujuan | : | Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia. |
I. Indikator
· Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
· Mendeskripsikan ciri-ciri virus
· Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
· Menggambar skema reproduksi virus
· Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
· Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
II. Materi Ajar
· Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
· Ciri-ciri virus meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
· Struktur tubuh virus
· Cara reproduksi virus
· Peran virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis · Memberi nama bagian-bagian tubuh virus | · Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia · Membuat kegiatan tentang virus | · Siswa dapat Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
· Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B. Kegiatan inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
· Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
· Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
· Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab II dan III
· Foto ultramikroskopis virus
· Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
· Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus
Mengetahui, | Jakarta ,................ 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 1 |
Pertemuan | : | 5 dan 6 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup |
Kompetensi Dasar | : | 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan |
Tujuan | : | Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria. |
I. Indikator
· Menjelaskan pengertian prokariotik
· Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
· Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
· Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
· Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia
II. Materi Ajar
· Pengertian prokariot
· Ciri-ciri Eubacteria
1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2. Sturktur sel Eubacteria
3. Cara hidup Eubacteria
4. reproduksi bakteri
· Klasifikasi Eubacteria
· Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria
· Contoh-corntoh Archaebacteria
· Peranan bakteri bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan-Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis | · Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria | · Siswa dapat Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria |
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
· Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan.
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
· Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
· Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B. Kegiatan inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
· Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.
VI. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi , SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab IV
· Biakan bakteri
· Air kolam
· Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
VII. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan bakteri
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ,.............. 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 1 |
Pertemuan | : | 7 dan 8 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup |
Kompetensi Dasar | : | 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan |
Tujuan | : | Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia. |
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
· Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
· Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri Protista meliputi:
1. Protista yang meyerupai tumbuhan
2. Protista yang menyerupai hewan
3. Protista yang menyerupai jamur
· Peranan protista bagi manusia meliputi:
1. Peranan yang menguntungkan
2. Peranan yang merugikan
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi - Penugasan – Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop · Menggunakan mikroskop · Membuat preparat · Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista · Mendeskripsikan ciri-ciri Protista · Mengelompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati · Mengumpulkan informasi tentang Protista | · Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam · Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista · Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati · Tugas mengumpulkan informasi tentang protista | · Siswa dapat Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur · Siswa dapat Mengelompokkan contoh Protista yang diamati · Siswa dapat Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia. |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
· Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
· Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
· Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA Kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab V
· Air kolam
· Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
· Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan Protista
· Makalah kajian Protista
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ,............... 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 1 |
Pertemuan | : | 9 dan 10 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup |
Kompetensi Dasar | : | 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan. |
Tujuan | : | Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia |
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
· Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
· Membedakan spora aseksual dan seksual
· Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
· Membuat produk makanan yang menggunakan jamur
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
· Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
· Klasifikasi jamur
· Peranan jamur bagi manusia
· Proses produksi yang memanfaatkan jamur
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Pengamatan – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati struktur jamur · Menggambar struktur tubuh jamur · Mengelompokkan jamur · Mendeskripsikan ciri-ciri jamur · Membuat produk makanan menggunakan jamur | · Praktikum pengamatan jamur · Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan · Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan · Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll | · Siswa dapat Mendeskripsikan ciri-ciri jamur · Siswa dapat Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan · Siswa dapat Membedakan spora aseksual dan seksual · Siswa dapat Memberikan alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya · Siswa dapat Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum jamur.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VI
· Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
· Bahan-bahan pembuat tempe atau tape
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jamur
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ,................. 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 1 |
Alokasi Waktu | : | 2 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
Kompetensi Dasar | : | 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan |
Tujuan | : | Siswa mampu menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan. |
I. Indikator
· Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
· Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
· Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan
II. Materi Ajar
· Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
III.Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati gejala keanekaragaman · Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan · Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan | · Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan · Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati · Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem | · Siswa dapat Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati · Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati · Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan |
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
· Siswa mengamati keanekaragaman hayati.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan.
· Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi, SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VII
· Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta , ................ 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 2 |
Alokasi Waktu | : | 2 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
Kompetensi Dasar | : | 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam |
Tujuan | : | Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya. |
I. Indikator
· Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
· Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
· Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
· Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
· Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
· Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
· Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
· Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
· Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
· Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Membaca peta tipe keanekaragaman flora Indonesia · Membaca peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber · Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia · Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan dan dilindungi · Mengumpulkan informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan. | · Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Diskusi tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia · Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya · Tugas membuat kliping tentang organisme khas daerah | · Siswa dapat Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Siswa dapat Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia · Siswa dapat Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan · Siswa dapat Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
· Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
· Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
· Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
· Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VII
· Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
VI.Penilaian
· Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta .................. 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 3 dan 4 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
Kompetensi Dasar | : | 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi |
Tujuan | : | Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia. |
I. Indikator
· Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
· Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
· Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
· Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia tumbuhan
· Klasifikasi tumbuhan
· Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Peranan Bryophyta bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji · Menggambar struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta | · Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan paku | · Siswa dapat Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru bersama siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.
Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA I kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan lumut
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta , ..................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 5 dan 6 |
Alokasi Waktu | : | 3 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
Kompetensi Dasar | : | 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi |
Tujuan | : | Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia. |
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta) | · Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan | · Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengamati tumbuhan paku secara berkelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
· Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan paku
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ,.................... 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 7 |
Alokasi Waktu | : | 2 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
Kompetensi Dasar | : | 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi |
Tujuan | : | Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia. |
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
· Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
· Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta) | · Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga | · Siswa dapat Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia |
IV. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
· Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
· Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan berbiji
· Loupe
VI.Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta , ............... 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 8 dan 9 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati |
Kompetensi Dasar | : | 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi |
Tujuan | : | Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan. |
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
· Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
· Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
· Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia hewan
· Dasar klasifikasi dunia hewan
· Klasifikasi dunia hewan
III.Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati beberapa contoh kelas hewan | · Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya | · Siswa dapat Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan |
IV.Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
· Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.
Pertemuan 9 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1.
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula.
· Siswa menyusun laporan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab IX
· Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ,................. 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 10 dan 11 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem |
Kompetensi Dasar | : | 4.1.Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan |
Tujuan | : | Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem. |
I. Indikator
· Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
· Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
· Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia
II. Materi Ajar
· Pengertian ekologi sebagai ilmu
· Ekosistem dan komponen penyusunnya
· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
· Berbagai interaksi dalam ekosistem
· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
· Daur biogeokimia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi · Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik · Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar · Menemukan ekosistem dan batas-batasnya · Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem | · Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu · Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya · Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem | · Siswa dapat Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu · Siswa dapat Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
· Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
· Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
· Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
· Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab X
· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VI.Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ,................. 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | X (Sepuluh)/ 2 |
Pertemuan | : | 12 dan 13 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem |
Kompetensi Dasar | : | 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan 4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah 4.4 Membuat produk dau ulang limbah |
Tujuan | : | Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan. |
I. Indikator
· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
II. Materi Ajar
· Keseimbangan lingkungan
· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
· Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Penanganan limbah dengan cara daur ulang
III. Metode Pembelajarn
· Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia · Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia · Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme · Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan | · Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan · Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya · Melakukan eksperimen tentang pencemaran | · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia · Siswa dapat Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu · Siswa dapat Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme · Siswa dapat Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan · Siswa dapat Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Siswa dapat Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang |
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
· Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
· Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa membuat perlakuan eksperimen.
· Siswa melakukan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen.
· Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi SMA kelas X, Ari Sulistyorini, BSE, Bab XI
· Beberapa aktivitas manusia
· Bahan untuk daur ulang kertas
VI.Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta ............... 2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
Isharmanto |
0 comments:
Posting Komentar