RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 1 dan 2 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan |
Kompetensi Dasar | : | 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. |
Tujuan | : | 1. Siswa mampu membuat preparat pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan, mengamati, dan menggambar hasil pengamatan. 2. Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik. |
I. Indikator
· Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan
· Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis
· Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati
· Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
· Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel
· Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik
II. Materi Ajar
· Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1. Membran sel
2. Sitoplasma
3. Inti sel
· Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
· Sel prokariotik dan sel eukariotik
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-diskusi-penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati struktur sel hewan dan sel tumbuhan | · Membuat peta konsep sel · Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel · Menggunakan mikroskop untuk pengamatan sel · Menggambar sel sesuai dengan hasil pengamatan mikroskopis · Membedakan struktur sel hidup dan sel mati · Membedakan struktur sel hewan dan sel tumbuhan · Menentukan nama bagian-bagian sel hasil pengamatan mikroskopis | · Siswa dapat Membuat preparat pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan · Siswa dapat Menggambar struktur sel berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis · Siswa dapat Membandingkan struktur sel hidup dan sel mati · Siswa dapat Membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan · Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi membran sel, sitoplasma, dan inti sel · Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan struktur sel prokariotik dan eukariotik |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pembelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru memberi pengantar ruang lingkup materi tentang sel.
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan sel dengan menggunakan Kegiatan 1.1
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru mendemonstrasikan cara membuat preparat pengamatan mikroskopis sel tumbuhan dan sel hewan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengambil alat dan bahan untuk praktek pengamatan sel tumbuhan dan sel hewan.
· Siswa membuat preparat sel tumbuhan kemudian mengamati di bawah mikroskop
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa membuat preparat sel hewan kemudian mengamatinya di bawah mikroskop.
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa dan guru menyimpulkan struktur sel yang dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya dan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan.
· Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus.
· Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya.
· Guru menunjukkan gambar sel bakteri.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri.
· Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi XI, http://biologigonz.blogspot.com/
· Mikroskop
· Lembar Kegiatan 1.1
VI. Penilaian
· Gambar sel hewan dan tumbuhan.
· Laporan hasil pengamtan sel
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta , ....................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 3 |
Alokasi Waktu | : | 2 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan |
Kompetensi Dasar | : | 1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi organel-organel sel. |
I. Indikator
· Menyebutkan nama-nama organel sel pada gambar sel
· Menjelaskan fungsi organel-organel sel
II. Materi Ajar
Organel-organel sel dan fungsinya
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati gambar ultra mikroskopis sel, menentukan nama-organel-organel selnya dan menjelaskan fungsi masing-masing organel sel | · Mengambar secara skematis struktur ultramikroskopis sel · Memberi nama organel-organel sel pada gambar skematis sel · Menentukan fungsi organel-organel sel | · Siswa dapat Menyebutkan nama-nama organel sel pada gambar sel · Siswa dapat Menjelaskan fungsi organel-organel sel |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru menunjukkan gambar sel berdasarkan hasil pengamatan dengan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
· Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan prinsip mikroskop cahaya dan mikroskop elektron
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru bersama siswa mendiskusikan organel-organel sel yang terdapat dalam sel.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan dan menjelaskan struktur dan fungsi organel- organel sel.
· Siswa bersama guru mengidentifikasi perbedaan organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan sel tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi organel sel.
· Guru menugaskan siswa utnuk membuat poster sel dengan menggunakan Kegiatan 1.6.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab 1
· Gambar sel
· Lembar kegiatan 1.6
VI. Penilaian
· Poster tentang sel
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1)
Mengetahui, | Jakarta , ......................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 4 dan 5 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan |
Kompetensi Dasar | : | 1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis) |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan struktur membran sel dan transpor melalui membran. |
I. Indikator
· Menunjukkan adanya gejala difusi dan osmosis
· Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis
· Menjelaskan mekanisme transpor aktif
· Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat
II. Materi Ajar
· Struktur membran sel
· Plasmolisis
· Mekanisme pengangkutan zat melalui membran sel antara lain:
1. Difusi
2. Osmosis
3. Imbibisi
4. Transpor aktif
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati transpor melalui membran | · Menunjukkan gejala difusi · Mendefinisikan difusi berdasarkan percobaan · Menunjukkan gejala osmosis · Mendefinisikan gejala osmosis berdasarkan percobaan · Menggambarkan struktur membrans sel | · Siswa dapat Menunjukkan adanya gejala difusi dan osmosis · Siswa dapat Mendefinisikan pengertian difusi dan osmosis · Siswa dapat Menjelaskan mekansime transpor aktif · Siswa dapat Menghubungkan struktur membran sel dan fungsinya dalam transpor zat |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali bagian-bagian sel dan menanyakan fungsi membran sel.
· Guru meminta siswa untuk bersiap-siap melaksanakan Kegiatan 1.1 dan 1.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mengambil alat dan bahan untuk Kegiatan 1.1.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 1.1, kemudian meletakkan hasil eksperimen di tempat yang sudah ditentukan untuk diamati esok hari.
· Siswa mempersiapkan melakukan Kegiatan 1.2 dengan mengambil mikroskop, alat, dan bahan yang lain.
· Siswa membuat preparat pengamatan dan mengamatinya dengan menggunakan mikroskop.
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
· Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa dan guru menyimpulkan pengertian plasmolisis dan faktor penyebabnya.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
· Guru mengatur waktu pengamatan kegiatan 1.1.
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengecek hasil pengamatan Kegiatan 1.1.
· Siswa bersama guru menyimpulkan hasil Kegiatan 1.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menunjukkan gambar membran sel, kemudian meminta siswa mendeskripsikan struktur membran sel.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara struktur membran sel dengan fungsinya.
· Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme pengangkutan melalui membran sel.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan proses transportasi zat melalui membran sel.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab 1
VI. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama KD 1.1 dan 1.2)
Mengetahui, | Jakaerta , ....................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 6 dan 7 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas |
Kompetensi Dasar | : | 2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkait kannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. |
I. Indikator
· Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan
· Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan
· Menggambar struktur akar, batang, dan daun
· Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil
II. Materi Ajar
· Struktur berbagai jaringan yang terdapat pada tumbuhan:
1. Jaringan meristem
2. Jaringan permanen
· Struktur mikroskopis organ tumbuhan
1. Akar
2. Batang
3. Daun
III. Metode Pembelajaran
Studi membaca - Pengamatan mikroskopis-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Pengamatan mikroskopis struktur akar, batang, dan daun | · Membuat preparat mikroskopis potongan melintang daun · Membuat preparat mikroskopis potongan membujur daun | · Siswa dapat Mengidentifikasi berbagai jaringan pada tumbuhan · Siswa dapat Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan tumbuhan · Siswa dapat Menggambar struktur akar, batang, dan daun · Siswa dapat Membandingkan struktur akar dan batang tumbuhan dikotil dan monokotil |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali tingkat organisasi kehidupan mulai dari sel sampai sistem organ.
· Guru meminta siswa menjelaskan hubungan antara sel-jaringan-organ-sistem organ.
· Guru meminta siswa mengumpulkan informasi berbagai jaringan pada tumbuhan dengan membaca buku teks, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar dan fungsinya.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa membaca buku sambil teks, kemudian menuliskan hasil bacaannya dalam bentuk tabel.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa dan guru menyimpulkan berbagai jaringan tumbuhan.
· Guru meminta siswa untuk mempelajari organ pada tumbuhan untuk persiapan Kegiatan 2.1 dan 2.2.
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan kegiatan pengamatan jaringan tumbuhan dengan menggunakan Kegiatan 2.1 dan 2.2 (obyek dapat ditambah dengan batang).
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan pengamatan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mempersiapkan mikroskop untuk pengamatan.
· Siswa membuat preparat potongan membujur daun, kemudian mengamati dengan mikroskop dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa mengamati dengan mikroskop potongan melintang akar dan batang dengan perbesaran 10 x 10 dan 10 x 40.
· Siswa mengambar hasil pengamatan .
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan Kegiatan 2.1 dan 2.2.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab II
· Mikroskop
· Akar, batang, dan daun
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jaringan tumbuhan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta , .......................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 8 dan 9 |
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks Saling temas |
Kompetensi Dasar | : | 2.2 Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan. |
I. Indikator
· Menggambar berbagai jenis jaringan pada hewan berdasarkan pengamatan mikroskopis
· Mendeskripsikan struktur dan fungsi berbagai jaringan pada hewan
· Menjelaskan hubungan antara jaring, organ, dan sistem organ
II. Materi Ajar
· Struktur berbagai jaringan hewan
1. Jaringan epitel
2. Jaringan ikat
3. Jaringan otot
4. Jaringan saraf
· Organ pada hewan
· Sistem organ pada hewan
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan-Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Pengamatan struktur berbagai jaringan hewan | · Membuat peta konsep jaringan hewan | · Siswa dapat Menyebutkan struktur dan fungsi berbagai jaringan hewan · Siswa dapat Menggambar struktur berbagai jaringan pada hewan |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi berbagai jaringan yang terdapat pada hewan dengan membaca buku teks.
· Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskop berbagai jaringan pada hewan dengan meng.unakan Kegiatan 3.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mempersiapkan mikroskop dan preparat awetan jaringan hewan untuk pengamatan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengamati preparat awetan berbagai jaringan hewan.
· Siswa menggambar hasil pengamatan dan memberi keterangan bagian-bagiannya.
· Siswa menjawab pertanyaan diskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan ciri struktur berbagai jaringan hewan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk mempelajari struktur dan fungsi jaringan hewan dari buku.
· Guru menugaskan siswa menyusun informasi yang diperolehnya dalam bentuk tabel yang berisi nama jaringan, ciri-ciri, gambar, fungsi, dan lokasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa membaca buku Bab 3, kemudian membuat tabel deskripsi jaringan hewan.
· Guru menunjukkan gambar organ dan jenis jaringan yang menyusunnya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyimpulkan pengertian organ.
· Guru meminta siswa mnyebutkan salah satu sistem organ kemudian mengidentifikasi organ penyusunnya.
· Siswa menyimpulkan pengertian sistem organ.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
· Guru menunjukkan hubungan Salingtemas jaringan hewan pada penerapan Bedah Rekonstruksi Kulit.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab III
· Mikroskop
· Preparat awetan jaringan hewan
IV. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jaringan hewan
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Cisalak, .......................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 10, 11 dan 12 |
Alokasi Waktu | : | 5 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas |
Kompetensi Dasar | : | 3.1 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses, serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem gerak manusia. |
I. Indikator
· Menjelaskan stuktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
· Mengambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian
· Menggambarkan struktur persendian
· Mendeskripsikan struktur tulang
· Menjelaskan struktur dan fungsi otot sebagai penyusun sistem gerak pada manusia
· Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat
· Mengidentifikasi berbagai penyakit atau gangguan yang terjadi pada sistem gerak manusia
II. Materi Ajar
· Komponen penyusun alat gerak manusia:
1. Rangka
2. Otot
· Hubungan antar tulang :
1. Sinartrosis
2. Diartrosis
· Berbagai macam persendian
· Berbagai gerak yang dapat dilakukan manusia
· Gangguan pada sistem gerak manusia
III. Metode Pembelajaran
· Studi membaca - Pengamatan -Diskusi- Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Studi membaca untuk mengidetifikasi sistem gerak manusia · Pengamatan struktur tulang · Pengamatan berbagai persendian pada manusia · Pengamatan struktur persendian · Pengamatan kontraksi otot | · Membuat peta konsep sistem gerak pada manusia · Mengidentifikasi komponen penyusun sistem gerak manusia · Mengidentifikasi berbagai gerakan yang dapat dilakukan manusia · Mengamati berbagai persendian dengan menggunakan kerangka manusia | · Siswa dapat Menjelaskan struktur dan fungsi rangka sebagai penyusun sistem gerak pada manusia. · Siswa dapat Menggambar hubungan antartulang yang membentuk berbagai persendian · Siswa dapat Menggambarkan struktur persendian · Siswa dapat Menghubungkan berbagai gerakan dan persendian yang terlibat |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk memperagakan berbagai gerak yang dapat dilakukan.
· Siswa bersama guru mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam gerakan yaitu tulang, otot, sendi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa mengamati kerangka manusia.
· Siswa mengamati dan mengidentifikasi nama-nama tulang yang terdapat dalam kerangka manusia.
· Guru meminta siswa mengidentifikasi berbagai persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia dan gerakan yang dapat dilakukan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengamati persendian yang terdapat pada kerangka tubuh manusia, kemudian mengidentifikasi gerakan yang dapat dilakukan.
· Siswa menyimpulkan nama sendi, lokasi, dan gerakan yang dapat dilakukan.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai nama tulang pada tubuh manusia, persendian yang dibentuk, nama persendian, dan gerakan yang dapat dilakukan.
· Guru menugaskan siswa untuk membawa tulang paha sapi segar dan mempelajari Kegiatan 4.1.
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk pengamatan struktur tulang dengan Kegiatan 4.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk Kegiatan 4.1.
· Siswa mengamati struktur tulang.
· Siswa mencatat hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mendiskusikan struktur tulang panjang.
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai macam bentuk tulang.
· Siswa mengumpulkan laporan praktikum.
Pertemuan 12 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa memperagakan mengangkat beban dengan tangannya dan mengamati perubahan yang terjadi pada lengan atasnya.
· Siswa mendemonstrasikan gerakan yang diminta guru kemudian mengamatinya.
· Siswa menyimpulkan fungsi otot dalam melaksanakan gerakan.
B. Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru meminta siswa mempelajari mekanisme kontraksi otot.
· Siswa membaca buku teks untuk mengumpulkan informasi mekanisme kontraksi otot.
· Salah satu siswa menjelaskan mekanisme kerja otot.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan pada sistem gerak manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme terjadinya gerakan pada manusia.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab IV
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan struktur tulang
· Uji kompetensi tertulis
Mengetahui, | Jakarta , .......................2014 |
Kepala Sekolah | Guru Mata Pelajaran Biologi |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran | : | Biologi |
Kelas/Semester | : | XI (Sebelas)/ 1 |
Pertemuan | : | 13, 14 , 15 dan 16 |
Alokasi Waktu | : | 7 jam pelajaran |
Standar Kompetensi | : | 3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implika sinya pada Salingtemas |
Kompetensi Dasar | : | 3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah |
Tujuan | : | Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah. |
I. Indikator
· Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
· Membuat skema proses pembekuan darah
· Menguji golongan darah
· Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
· Menjelaskan hubungan stuktur pembuluh darah dan fungsinya
· Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
· Menjelaskan sistem limfe
· Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
· Mendeskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
· Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
· Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata
II. Materi Ajar
· Komponen penyusun sistem peredaran darah manusia:
1. Darah
2. Jantung
3. Pembuluh darah
· Mekanisme sistem peredaran darah manusia
· Penggolongan darah
· Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan - Penugasan- Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Studi membaca untuk mengidentifikasi komponen penyusun sistem peredaran darah manusia · Mengamati eritrotis dan menggambar hasil pengamatan · Menguji golongan darah · Pengamatan sistem peredaran darah pada berbagai hewan vertebrata · Mengumpulkan informasi untuk membuat kliping tentang ganguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia | · Membuat peta konsep sistem peredaran darah manusia · Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem peredaran darah manusia · Melakukan pengujian golongan darah manusia · Membedah hewan untuk diamati jantungnya · Mengamati letak jantung hwan vertebrata · Mengamati struktur jantung hewan vertebrata · Menggambar struktur jantung hewan vertebrata · Mendeskripsikan denyut jantung berdasarkan hasil pengamatan · Membandingkan struktur jantung pada berbagai hewan vertebrata · Membuat kliping ganguan/penyakit pada siistem peredaran darah manusia dan teknologi mengatasinya | · Siswa dapat Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya · Siswa dapat Membuat skema proses pembekuan darah · Siswa dapat Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya · Siswa dapat Menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya · Siswa dapat Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia · Siswa dapat Menjelaskan sistem limfe · Siswa dapat Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik · Siswa dapat Mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia · Siswa dapat Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata · Siswa dapat Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem sirkulasi pada manusia.
· Siswa menjawab dengan terlebih dahulu mengacungkan tangan.
B. Kegiatan inti (80 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menjelaskan komponen-komponen penyusun sistem peredaran darah manusia.
· Siswa ditugaskan mengamati eritrosit dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
· Siswa mengamati eritrosit dan menggambar hasil pengamatan.
· Siswa ditugaskan melakukan uji golongan darah dengan menggunakan Kegiatan 5.2.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyusun laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.
· Siswa bersama guru mendiskusikan komponen-komponen penyusun darah manusia.
· Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip penggolongan darah dengan sistem ABO.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan transfusi darah pada manusia.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan Kegiatan 5.1 dan 5.2.
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan bagaimana darah dapat beredar
· Siswa menjelaskan peranan jantung dan pembuluh darah dalam sistem peredaran darah
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru memberikan gambar jantung, kemudian siswa diminta menyebutkan bagian jantung yang ditunjuk dan fungsinya.
· Guru menanyakan macam-macam pembuluh darah dan fungsinya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru memberikan gambar pembuluh darah dan siswa diminta mendeskripsikan perbedaan struktur ketiga macam pembuluh darah.
· Dengan memperhatikan bagian-bagian jantung dan fungsi pembuluh darah, siswa ditugaskan membuat skema peredaran darah yang meliputi peredaran darah kecil.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur jantung.
· Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang struktur dan fungsi pembuluh darah.
· Siswa bersama guru mendiskusikan lintasan peredaran darah manusia.
Pertemuan 15 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan fungsi sistem limfe.
· Siswa mendeskripsikan pengertian sistem limfe dan fungsinya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru memberikan gambar organ-organ limfe yang terdapat dalam tubuh dan siswa diminta menentukan nama organ tersebut.
· Guru memberikan gambar sistem peredaran limfe, kemudian siswa diminta menyebutkan ciri-ciri pembuluh limfe dan sistem peredarannya.
· Siswa bersama guru mendeskripsikan perbedaan sistem peredaran darah dan sistem limfe.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa bersama guru mendiskusikan gangguan atau penyakit pada sistem peredaran darah manusia.
· Guru menugaskan siswa mengumpulkan informasi tentang penyebab, gangguan, pengobatan dan pencegahan penyakit/gangguan pada sistem peredaran darah manusia dari berbagai media dan menyusunnya menjadi sebuah kliping.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi sistem limfe.
· Guru meminta siswa membawa hewan vertebrata untuk dibedah dan diamati sistem peredaran darahnya.
Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan alat bedah.
· Siswa mempersiapkan pembedahan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Siswa membius hewan yang dibawa, kemudian meletakkannya di atas papan bedah.
· Siswa membedah hewan secara hati-hati sampai rongga dada sehingga dapat ditemukan jantung.
· Siswa mengamati jatung meliputi bentuk dan denyutnya kemudian menggambar hasil pengamatan.
· Siswa memotong pembuluh darah di sekitar jantung sehingga jantung dapat dilepaskan.
· Siswa mengamati jantung yang sudah dilepas.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa menyimpulkan sistem peredaran darah pada hewan yang diamati.
· Siswa membersihkan meja kerja dari bekas kegiatan .
· Siswa mengumpulkan informasi dari buku teks tentang berbagai sistem peredaran darah vertebrata, kemudian menyusunnya dalam bentuk tabel perbedaan sistem peredaran darah hewan vertebrata.
· Siswa mengumpulkan informasi sistem sirkulasi hewan invertebrata dan mendeskripsikan beberapa contoh sistem sirkulasi pada hewan invertbrata.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa bersama guru berdiskusi untuk menyimpulkan perbedaan prinsip sistem peredaran darah hewan vertebrata.
· Siswa bersama guru menyimpulkan sistem-sistem peredaran darah pada hewan invertebrata.
V. Alat /Bahan/Sumber
· Buku Biologi , Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab V
· Hewan-hewan vertebrata
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan eritrosit
· Laporan praktikum uji golongan darah
· Laporan hasil pengamatan sistem peredaran darah hewan vertebrata
· Uji kompetensi tertulis
· Kliping tentang gangguan, pengobatan, dan pencegahan
· Penyakit pada sistem peredaran darah manusia
Mengetahui, Jakarta , Juli 2014 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kepala Sekolah Guru pelajaran Biologi RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Indikator · Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana · Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh. · Menghubungkan struktur dan fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia · Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia. · Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar · Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata II. Materi Ajar o Zat gizi dan fungsinya bagi manusia o Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan o Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi: 1. Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar 2. Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas, kelenjar usus · Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia · Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak) · Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia III. Metode Pembelajaran · Diskusi-Pengamatan-Penugasan Strategi Pembelajaran
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 1 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan yang biasa dimakan siswa. · Siswa mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan. · Guru menjelaskan bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan Kegiatan 6.1. Tes bahan makanan. · Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru mendemonstrasikan pengujian dengan benedict, iod, dan biuret untuk reaksi positif yang dihasilkan. · Siswa melakukan tes terhadap beberapa bahan makanan yang tersedia dengan tes benedict, iod, dan biuret. · Siswa mencatat hasil pengujian, kemudian menyimpulkan kadungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan tersebut. · Siswa mengembalikan alat dan bahan yang digunakan dan membersihkan meja kerja. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa menjawab pertanyaan diskusi dilanjutkan mengidentifikasi zat-zat gizi lain dan fungsinya bagi tubuh. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan. · Siswa mengumpulkan laporan hasil praktek. Pertemuan 2 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3. · Siswa mengambil alat dan bahan praktikum. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi. · Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia. · Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. Pertemuan 3 (1 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (5 menit) · Guru meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel perbandingan. B. Kegiatan inti (35 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada hewan vertebrata. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata. · Dengan diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia. · Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (5 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia. · Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia. IV. Alat/Bahan/Sumber · Buku Biologi, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab VI · Beberapa bahan makanan · Tabung reaksi · Rak tabung reaksi · Pembakar spiritus · Regen biuret, iod, dan benedict V. Penilaian · Laporan hasil praktik uji makanan · Laporan hasil praktik enzim dan kerja enzim · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Indikator · Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia · Menjelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia · Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru · Menjelaskan proses pertukaran gas · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia · Mengamati sistem pernapasan pada hewan vertebrata · Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata. II. Materi Ajar · Organ-organ dan fungsinya pada sistem pernapasan manusia meliputi: 1. Hidung 2. Saluran pernapasan 3. Paru-paru · Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia · Volume-volume udara yang dipernapaskan · Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia · Sistem pernapasan pada hewan vertebrata · Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia. III. Metode Pembelajaran · Studi membaca - Pengamatan -Diskusi – Penugasan Strategi Pembelajaran
IV. Langkah -Langkah Pembelajaran Pertemuan 4 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Dengan memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. · Guru meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. · Guru meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut. · Guru meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru, kemudian memintanya memperagakannya. · Guru memperagakan mengukur kapasitas paru-paru dengan Kegiatan 7.1. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. Pertemuan 5 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa · Guru menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2 B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari baku. · Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir · Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. Pertemuan 6 (1 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (5 menit) · Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4. · Siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum. B. Kegiatan inti (35 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. · Siswa melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. · Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. · Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (5 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. · Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. V. Alat /Bahan/Sumber · Buku Biologi, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab VII · Ikan dan kecoa VI. Penilaian · Laporan hasil pengamatan sistem perapasan hewan · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Indikator · Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi · Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine · Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia · Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi · Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi · Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi · Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi dalam tubuh manusia · Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan · Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan II. Materi Ajar · Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi · Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain: 1. Ginjal 3. Kulit 2. Paru-paru 4. Hati · Proses pembentukan urine · Kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi manusia · Sistem ekskresi hewan III. Metode Pembelajaran · Diskusi- Penugasan- Pengamatan Strategi Pembelajaran
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 7 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (20 menit) · Guru memberikan pertanyaan tentang pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada manusia kepada siswa untuk di cari jawabannya di dalam buku teks. · Siswa membaca buku teks, mencari jawaban, dan menuliskan jawabannya dalam buku catatan. B. Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan alat-alat ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia dan fungsinya. · Guru meminta siswa mendeskripsikan sifat urine yang biasa dikeluarkan oleh siswa. · Siswa bersama guru mendiskusikan struktur ginjal dan proses pembentukan urine yang terjadi di dalamya. · Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Guru meminta siswa mengidentikasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal. · Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi tentang cuci darah dengan menggunakan Kegiatan 8.1 dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. Pertemuan 8 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru mengecek dan mengumpulkan Tugas 8.1 dari siswa. · Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian, fungsi, dan proses cuci darah berdasarkan informasi yang sudah dikumpulkan. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi. · Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi. · Guru menjelaskan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Guru mengecek pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan umpan balik secara lisan kepada siswa. · Guru membentuk kelompok dan menugaskan setiap kelompok membawa belalang dan mempelajari Kegiatan 8.3. Pertemuan 9 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Siswa menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan Kegiatan 8.3. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa melakukan pembedahan belalang. · Siswa mengamati dan menggambar pembuluh malpighi pada belalang. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa menyusun laporan hasil pengamatan. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa mengumpulkan laporan hasil praktikum. · Guru mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada serangga dan hewan pada umumnya dengan memberikan pertanyaan umpan balik. V. Alat/Bahan/Sumber · Buku Biologi SMA, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab VIII · Berbagai informasi tentang cuci darah dari berbagai sumber · Belalang · Alat bedah VI. Penilaian · Makalah tentang cuci darah · Laporan hasil pengamatan alat ekskresi serangga · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Indikator · Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron · Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia · Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem saraf manusia · Mengidentifikasi sistem saraf pada hewan · Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem indra manusia · Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia · Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia · Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia · Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia · Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia II. Materi Ajar · Sistem saraf 1. Sel-sel saraf (neuron) 2. Struktur otak 3. Sistem saraf sadar dan tak adar · Sistem indra 1. Penglihatan 2. Pendengaran 3. Pembau 4. Pengecap 5. Peraba · Sistem hormon 1. Kelenjar hipofisis 2. Kelenjar tiroid 3. Kelenjar paratiroid 4. Kelenjar suprarenalis 5. Kelenjar pankreas 6. Ovarium 7. Testis · Mekanisme pengaturan homeostasis tubuh III. Metode Pembelajaran · Diskusi- Penugasan- Pengamatan Strategi Pembelajaran
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 10 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (20 menit) · Guru menanyakan pengertian sistem koordinasi dan komponen penyusunnya pada manusia. · Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk menerima dan menanggapi rangsang. B. Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Dengan menunjukkan gambar struktur sel saraf (neuron) guru meminta siswa mengidentifikasi nama bagian-bagian neuron dan fungsinya. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau fungsinya. · Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf. · Dengan menunjukkan gambar sayatan membujur saraf pusat (sumsum dan tulang belakang), guru meminta siswa mengidentifikasi struktur selaput otak, bagian-bagian saraf pusat manusia dan fungsinya. · Dengan menunjukkan Gambar sistem saraf tepi, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik. · Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh obat-obatan terhadap sistem saraf. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Guru bersama siswa menyimpulkan sistem saraf pada manusia. · Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan Kegiatan 9.2 dan 9.3, di rumah dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. Pertemuan 11 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru meminta beberapa siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.1 di depan kelas. · Siswa mengamati hasil demontrasi. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskuikan jawaban pertanyaan dari Kegiatan 9.1. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan gerak refleks dan gerak yang disadari. · Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme kerja sistem saraf. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Guru menyimpulkan mekanisme kerja sistem saraf. Pertemuan 12 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru menanyakan fungsi sistem indera. · Guru menanyakan macam-macam indera pada manusia. · Guru menyiapkan untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.4 Indera pembau. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Guru meminta siswa melakukan demonstrasi kegiatan 9.4 indera pembau. · Siswa yang lain mencatat hasil pengamatan. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa menyimpulkan hasil kegiatan. · Dengan memberikan gambar struktur indera pembau siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian indera pembau dan menjelaskan proses penginderaan bau. · Dengan diberikan gambar struktur lidah, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian lidah dan fungsinya dan proses penginderaan kecap. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan proses penginderaan bau dan kecap (rasa). Pertemuan 13 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru menanyakan kepada siswa tentang syarat manusia dapat melihat. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Dengan memberikan gambar struktur mata guru meminta siswa untuk menyebutkan struktur dan fungsi bagian-bagian mata. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan proses melihat pada mata manusia. · Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.5 bintik buta. · Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang bintik buta. · Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan/kelainan/penyakit yang terjadi pada mata. · Guru memberikan gambar struktur telinga kemudian meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagian telinga dan fungsinya. · Siswa bersama guru mendiskusikan proses pendengaran pada telinga manusia. · Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/kelainan pada indra pendengaran manusia. · Guru meminta siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.6 saraf sensorik. · Siswa bersama guru menarik kesimpulan saraf sensorik di kulit dengan menjawab pertanyaan diskusi. · Guru memberikan gambar struktur kulit dan meminta siswa untuk menentukan proses perabaan di kulit. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Guru menyimpulkan proses penginderaan penglihatan, pendengaran dan perabaan. Pertemuan 14 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru menanyakan kembali kepada siswa hubungan antara sistem saraf dan sistem indera dalam proses koordinasi. · Guru menanyakan adanya sistem koordinasi ketiga selain sistem saraf dan sistem indera. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan sistem saraf dan hormon. · Guru memberikan gambar sistem hormon/endokrin dalam tubuh manusia kemudian, meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagiannya. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Guru menugaskan siswa untuk membaca tentang sistem hormon (termasuk mekanisme penyatuan homeostatis tubuh) dari buku teks, kemudian membuat rangkuman tentang kelenjar dan hormon yang dihasilkan dan fungsinya. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan kelenjar pada sistem endokrin, hormon yang dihasilkan dan fungsinya. · Diskusikan tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia. V. Alat/Bahan/Sumber · Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab IX · Gambar sistem saraf, alat indera dan sistem hormon VI. Penilaian · Poster tentang narkoba · Laporan hasil kegiatan/pengamatan · Uji kompetensi tertulis · Rangkuman sistem kurva
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Indikator · Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria · Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita · Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan · Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia · Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan II. Materi Ajar · Struktur organ reproduksi pria · Struktur organ reproduksi wanita · Proses oogensis dan ovulasi · Siklus menstruasi · Proses spermatogenesis · Fertilisasi dan kehamilan · Teknologi Keluaraga Berencana · Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia III. Metode Pembelajaran · Diskusi- Penugasan- Pengamatan Strategi Pembelajaran
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 15 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (20 menit) · Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi. B. Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut. · Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. · Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur . · Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi. · Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut. · Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan. Pertemuan 16 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi. · Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia. · Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa. · Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3. V. Alat /Bahan/Sumber · Buku Biologi XI, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab X · Berbagai gambar alat reproduksi manusia · Sentra usaha budidaya ikan hias VI. Penilaian · Rangkuman sistem reproduksi hewan · Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I. Indikator · Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh · Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami · Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh. · Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit II. Materi Ajar · Sistem kekebalan tubuh, meliputi: 1. Kekebalan yang tidak spesifik 2. Kekebalan spesifik · Vaksin · Antibiotik · Gangguan kekebalan tubuh III. Metode Pembelajaran · Diskusi- Penugasan Strategi Pembelajaran
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran Pertemuan 17 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Dengan memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya. B. Kegiatan inti (60 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan peranan sistem imun. · Dengan diberikan gambar sistem pertahanan tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses pertahanan tubuh secara alami. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan respon imun non spesifik dan spesifik. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan Akhir (10 menit) · Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun. · Guru menugaskan mengumpulkan informasi tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas. Pertemuan 18 (2 jam pelajaran) A. Kegiatan awal (10 menit) · Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia. B. Kegiatan inti (70 menit) Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : · Siswa bersama guru mendiskusikan upaya manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, · Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: · Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui · Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. C. Kegiatan Akhir (10 menit) · Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara HIV dan AIDS. V. Alat /Bahan/Sumber · Buku Biologi SMA, Endang Sri Lestari dkk, pusat perbukuan depdiknas, Bab XI VI. Penilaian · Makalah tentang HIV dan AIDS · Uji kompetensi tertulis
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
0 comments:
Posting Komentar