Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester: IV/2
Waktu: 20 menit
1. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.
B. Kompetensi Dasar 1.1 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
C. Indikator 1.1.1 Menyebutkan tindakan yang dapat mencegah kerusakan lingkungan.
1.1.2 Menunjukan sikap peduli terhadap kerusakan lingkungan.
1.1.3 Menceritakan cara mencegah kerusakan lingkungan.
D. Tujuan 1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan tindakan yang dapat mencegah kerusakan lingkungan dengan benar.
2. Melalui cerita, siswa mampu menunjukan sikap peduli terhadap kerusakan lingkungan dengan baik.
3. Melalui presentasi kelompok, siswa mampu menceritakan cara mencegah kerusakan lingkungan dengan baik.
E. Materi Pembelajaran 1. Erosi: melakukan reboisasi dan penghijauan, mencegah penebangan secara liar dan berlebih.
2. Abrasi: melakukan reboisasi dan penghijauan di sekitar pantai, menciptakan hutan bakau dan hutan pantai, membuat daerah penahan dan pemecah ombak, seperti batu besar, dinding, atau beton.
3. Banjir: membuang sampah pada tempat yang benar, menyediakan lahan kosong untuk ditanami tanaman, tidak menebang pohon secara besar-besaran.
4. Longsor: tidak membiarkan tanah yang miring menjadi gundul dengan melakukan reboisasi dan penghijauan, membuat sengkedan (terasering) pada lahan pertanian di tanah miring, tidak membuat tempat tinggal di daerah rawan longsor, seperi di kaki bukit, kaki tebing, atas bukit, dan atas tebing.
F. Model dan Metode Model : Cooperative Learning.
Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab, presentasi.
G. Tahapan Pembelajaran No. | Kegiatan | Durasi | |
Guru | Siswa | ||
1. | Tahap Pembukaan Mengucapkan salam, berdoa, mengabsen dan memotivasi siswa. Apersepsi: Mengingatkan pemberlajaran sebelumnya tentang kerusakan lingkungan melalui gambar. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tentang cara mencegah kerusakan lingkungan. | Menjawab salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, mengkonfirmasi kehadiran. Mengingat dan menyebutkan pembelajaran sebelumnya tentang kerusakan lingkungan. Mendengarkan dan mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pembelajaran. | 3 Menit |
2. | Tahap inti Menerangkan tentang pentingnya mencegah kerusakan lingkungan di sekitar kita. | Mendegarkan dan memahami pentingnya mencegah kerusakan lingkungan di sekitar kita. | 14 Menit |
Memberikan contoh cara mencegah dampak kerusakan lingkungan berupa erosi melalui gambar. | Memperhatikan contoh yang diberikan guru dengan antusias. | ||
Menjelaskan kegiatan diskusi yang akan dilakukan. | Mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan diskusi yang akan dilakukan. | ||
Membagi siswa menjadi 3 kelompok dan mengatur tempat duduk. | Bergabung dengan kelompoknya dan membuat posisi saling berhadapan. | ||
Memberikan kertas undian untuk membagi materi. | Mengambil kertas undian untuk memilih materi. | ||
Mengawasi jalannya diskusi. Membimbing siswa yang kesulitan selama proses diskusi. Memberikan perhatian lebih pada siswa yang kurang aktif dalam proses diskusi. Menjaga situasi diskusi agar tetap kondusif. | Melakukan diskusi sesuai dengan materi kerusakan lingkungan bagiannya. Menuliskan hasil temuannya dalam suatu laporan diskusi. | ||
Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya. Mengoreksi dan mengapresiasi hasil kerja masing-masing kelompok. | Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Memberikan pendapat tentang cara pencegahan kerusakan lingkungan yang mereka bahas. Mengumpulkan laporan hasil diskusinya kepada guru | ||
3. | Tahap Penutup Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Mengajak siswa merangkum hasil kegiatan pembelajaran. Melakukan penilaian. Menyampaikan motivasi untuk lebih giat belajar sekaligus pesan moral untuk peduli terhadap lingkungan di sekitar kita. Mengajak siswa bersyukur, berdoa, dan mengucapkan salam. | Menyampaikan pendapat tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dengan bimbingan guru merangkum hasil kegiatan pembelajaran. Mengerjakan lembar kerja individu. Mendengarkan pesan dan motivasi dari guru. Mengucapkan syukur, berdoa, dan mengucap salam. | 3 Menit |
Alat: Karton dan spidol hitam.
Sumber: Gambar kerusakan lingkungan.
I. Evaluasi
Nama:
Kelas:
Perhatikan gambar di bawah ini !
Sebutkan masing-masing tiga cara mencegah kerusakan lingkungan yang terdapat pada gambar !
Erosi Abrasi
Cara mencegah: Cara mencegah:
1. 1.
2. 2.
3. 3.
Longsor Banjir
Cara mencegah: Cara mencegah:
1. 1.
2. 2.
3. 3.
Penskoran : setiap jawaban bernilai 1, maka skor maksimal yang dapat diperoleh siswa ialah 12.
Penilaian : siswa telah lulus apabila mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 9, siswa belum lulus apabila mendapat nilai kurang dari 9.
Tasikmalaya, April 2016
Simulator,
Rizki Siddiq Nugraha
0 comments:
Posting Komentar