Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 45’
Standar Kompetensi
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel
Kompetensi Dasar
3.2 Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
Indikator
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan pecahan.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan pecahan.
B. Karakter
Jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, komunikatif, kerjasama.
C. Materi Pokok
Pertidaksamaan Pecahan
D. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan materi pertidaksamaan pecahan yang akan dipelajari dan meminta siswa menjelaskan pengertian pecahan.
b. Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menekankan pentingnya materi ini dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
1) Guru menyampaikan informasi dan tanya jawab mengenai pertidaksamaan pecahan.
2) Guru melibatkan siswa mencari informasi yang luas tentang topik yang dipelajari.
3) Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
4) Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
b. Elaborasi
1) Guru membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
4) Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual.
c. Konfirmasi
1) Guru dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, serta kesimpulan.
4) Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b. Guru memberikan pekerjaan rumah.
F. Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas X SMA Penerbit Yudhistira dan referensi lain yang relevan.
2. LKS.
3. Papan tulis dan spidol
4. Laptop, infokus dan laserpen.
G. Penilaian
1. Jenis
a. Diskusi.
b. Tugas individu.
c. Uji kompetensi.
d. Ulangan harian.
- Bentuk instrumen
a. Laporan kegiatan.
b. Tes tertulis uraian.
3. Instrument
0 comments:
Posting Komentar