Senin, 02 Januari 2017

RPP matematika Kelas X SMA - Pertidaksamaan Kuadrat



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan     :   SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh
Mata Pelajaran           :   Matematika
Kelas/Semester           :   X/1 (satu)  
Alokasi Waktu           :   2 x 45’

Standar Kompetensi 
2.   Memecahkan masalah  yang  berkaitan  dengan  fungsi,  persamaan  dan  fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
Kompetensi Dasar      
2.4 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat 
Indikator                
Menjelaskan pertidaksamaan kuadrat

A.  Tujuan Pembelajaran
      Setelah melakukan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
      Menjelaskan pertidaksamaan kuadrat

B.  Karakter
Jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, tanggung jawab, komunikatif, kerjasama.

C.  Materi Pokok
      Pertidaksamaan Kuadrat
 
D.  Metode Pembelajaran
1. Informasi                   
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Penugasan

E.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan
            a.  Apersepsi
Guru  membuka  pelajaran dengan mengenalkan   materi  pertidaksamaan kuadrat yang   akan dipelajari dan bertanya kepada siswa tentang bentuk persamaan kuadrat.
            b.  Motivasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  dan  menekankan  pentingnya  materi ini dalam kehidupan sehari-hari.
       2.   Kegiatan Inti 
            a.  Eksplorasi
  1)  Guru  menyampaikan    informasi    dan    tanya    jawab    mengenai                       pertidaksamaan kuadrat.
 2)  Guru melibatkan  siswa  mencari  informasi yang luas tentang topik yang dipelajari.
 3)  Guru   menggunakan   beragam   pendekatan   pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
 4) Guru memfasilitasi terjadinya  interaksi antara  guru  dengan siswa,  siswa dengan siswa, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
            b.  Elaborasi
1)  Guru  membiasakan siswa untuk membaca dan menulis tentang topik.
2) Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, tanya jawab untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
4)  Guru memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja individual.
            c.  Konfirmasi
1)  Guru  dan siswa mengevaluasi dan melakukan pembahasan terhadap soal latihan.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal yang belum diketahui oleh siswa.
3) Guru meluruskan  kesalahpahaman,  memberikan  penguatan, serta kesimpulan.
4) Guru  memfasilitasi siswa  melakukan refleksi  untuk  memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
3.   Kegiatan Penutup
a.   Guru membimbing siswa merangkum pelajaran.
b.   Guru memberikan pekerjaan rumah.

F.  Alat/Sumber Belajar
1. Buku matematika kelas X SMA Penerbit Yudhistira dan referensi lain yang relevan.
2.   LKS.
3.   Papan tulis, dan spidol.
4.   Laptop, infokus dan laserpen.

G.  Penilaian
1.   Jenis          
      a.  Diskusi.
      b.  Tugas individu.
c.  Uji kompetensi.
d.  Ulangan harian.
  1.  Bentuk instrumen       
a.       Laporan kegiatan.
b.      Tes tertulis uraian.
3         3.    Instrument

0 comments:

Posting Komentar

popcash