Pemilihan Ketua Kelas
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
”Hore...!”
Teriakan anak-anak kelas 2 memenuhi ruangan ketika ibu guru mengatakan bahwa pelajaran PKn hari ini kita akan melaksanakan kegiatan musyawarah dengan mengadakan pemilihan ketua kelas. Sebelum pelaksanaan pemilihan ketua kelas, ibu guru mengajukan 2 pilihan pada kami. Kami dipersilahkan untuk memilih jenis musyawarah yang akan diadakan.
Pilihan 1 : Pemilihan ketua kelas itu dilaksanakan dengan cara musyawarah untuk mufakat.
Pilihan 2 : Pemilihan ketua kelas dilaksanakan dengan cara pemungutan suara.
Pilihan kedua rupanya lebih banyak diinginkan. Ibu guru lalu meminta tiap kelompok untuk mengirimkan calonnya. Setiap calon yang diajukan harus berdasarkan hasil kesepakan musyawarah kelompok.
Setiap calon ketua kelas ditulis namanya di papan tulis. Ibu guru menggambar wajah masing-masing calon. Hal ini cukup mengundang gelak tawa anak-anak. Selanjutnya anak-anak diminta untuk mendengarkan tata cara pemilihan, sebagai berikut:
1. Setiap anak bebas memilih nama calon ketua kelas yang diinginkan pada kertas yang telah disediakan.
2. Kertas digulung dan dimasukkan ke dalam kotak yang disebut kotak suara.
3. Hasil perolehan suara dihitung bersama-sama dan ditulis di papan tulis.
Acara menghitung suara ini sungguh mendebarkan karena masing-masing anak menjagokan pilihannya. Sampai akhirnya terpilih sang ketua kelas yang meraih suara terbanyak. Kata ibu guru sebutan untuk suara terbanyak itu adalah suara mayoritas.Ibu guru meminta sang ketua kelas untuk maju ke depan dan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman lainnya.
Pamilihan Pupuhu Kelas
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
”Hore...!”
Gorowok barudak kelas 2 minuhan rohangan pas ibu guru nyarios yén pelajaran PKn poé ieu arurang bakal ngalaksanakeun kagiatan musyawarah ku ngadakeun pamilihan pupuhu kelas. Saacan ngalaksanakeun pamilihan ketua kelas, ibu guru ngajukeun 2 pilihan ka arurang. Arurang dipersilahkeun jang milih musyawarah nu bakal diadakeun.
Pilihan ka 1 : Pamilihan pupuhu kelas éta dilaksanakeun ku cara musyawarah jang mufakat.
Pilihan ka 2 : Pamilihan pupuhu kelas dilaksanakeun ku cara pamungutan sora.
Pilihan kadua pék téh leuwih loba dipikahayang. Ibu guru tuluy ménta tiap kelompok jang ngirimkeun calonna. Tiap calon nu diajukeun kudu mangrupa hasil kasepakan musyawarah kelompok.
Tiap calon pupuhu kelas diserat ngaranna dina bor. Ibu guru ngagambar beungeut masing-masing calon. Hal ieu lumayan ngondang pikaseurieun barudak. Tuluy barudak diménta jang ngadangukeun cara milihna, nyaéta:
1. Tiap budak bebas milih ngaran calon pupuhu kelas nu dipikahayang dina kertas nu disadiakeun.
2. Kertas digulung jeung diasupkeun kana kotak nu ngaranna kotak sora.
3. Hasil sora diitung babarengan jeung ditulis dina bor.
Acara ngitung sora ieu nyieun deg-degan kusabab tiap budak ngajagokeun pilihanna. Nepi akhirna kapilih pupuhu kelas nu menang sora pang lobana. Saur ibu guru sebutan jang sorang pang loba na téh nyaéta sora mayoritas. Ibu guru ménta pupuhu kelas nu kapilih maju ka payuneun kelas jeung ngucapkeun nuhun ka sadaya réréncangan nu sanésna.
Selection of Class Leader
Karya: Rizki Siddiq Nugraha
”Horay...!”
The cries of the second graders filled the room when the teacher said that today’s Civic lesson we are going to conduct deliberations by holding the selection of the class leader. Before the selection of the class leader, the teacher made two choice to us. We are welcome to chooce the type of deliberation to be held.
Option 1 : The selection of the class leader is carried out by way of deliberation to reach consesus.
Pilihan 2 : The selection of the class leader is conducted by way of voting.
The second option seems more desirable. The teacher then asked each group to submit their candidates. Each proposed candidates must be based on the result of the group consesus agreement.
Each candidate for the class leader is named on the board. The teacher draw the faces of each candidate. This is enough to make the children laugther. The students are than asked to hear the selection procedure, as follows:
1. Each student is free to chooce the name of the intended candidate of the class on the paper provided.
2. The paper is rolled up and inserted into a box called the voice box.
3. The result of vote are counted together and written on the board.
Event counting this choice really thrilling because each student sponsored his choice. Until finally selected the leader of the class who won the most votes. The teacher word for the most vote is the majority. The teacher asked the class leader to come forward and thank to other friends.
0 comments:
Posting Komentar