Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum
2013 dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan berbasis keilmuan yaitu pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah sains dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah diantaranya model discovery learning, project based learning, problem based learning, inquiry learning dan lainnya.
2013 dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan berbasis keilmuan yaitu pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah sains dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah diantaranya model discovery learning, project based learning, problem based learning, inquiry learning dan lainnya.
Pendekatan ini menekankan pada proses pencarian pengetahuan, berkenaan dengan materi pembelajaran melalui pengalaman belajar mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Dengan pendekatan sains ini diharapkan siswa memiliki curiosity atau keinginan untuk menemukan sesuatu. Inilah yang memicu lahirnya karya-karya kreatif di masa kini. Siswa tidak lagi harus menuruti apa yang guru sampaikan di kelas saat pembelajaran. Kali ini saya akan berikan dulu gambaran contoh langkah pembelajaran model discovery learning. Baca juga: Lesson plan praktik interpretasi citra
Berikut ini beberapa langkah pembelajaran saintifik Discovery Learning kurikulum 2013
Langkah pembelajaran discovery learning |
1. Stimulation (Stimulus)
Menyajikan bahan kajian di awal, contoh berupa potensi daerah setempat yang berkaitan dengan konsep geografi.
2. Problem Statement (Identifikasi Masalah)
Mengidentifikasi potensi daerah satu per satu.
3. Data Collecting (Mengumpulkan data)
Mencari dan mengumpulkan data tentang potensi daerah setempat dari sumber lain (internet, observasi atau majalah dll).
4. Data Processing (Mengolah data)
Upaya mengolah potensi daerah setempat melalui berbagai sumber referensi/waawncara pakar ahli.
5. Verification (Memverivikasi)
Membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mendapatkan informasi dan solusi terbaik dalam memajukan potensi daerah
6. Generalization (Menyimpulkan)
Menyimpulkan hasil diskusi dari kajian potensi daerah setempat.
Jadi model discovery learning di atas membuat siswa menemukan hal baru terhadap suatu fenomena dan bagaimana tindak lanjut kedepannya. Dalam hal ini kajian yang dibahas tentnag potensi daerah. Tentu setiap daerah punya potensi masing-masing dan harus dicari untuk menemukan gambaran pengembangan ke depannya. Di akhir sesi, siswa bisa diminta membuat poster atau power point atau kliping yang memuat materi tersebut. Untuk contoh model pembelajaran lainnya silahkan cek di artikel berikut: Model pembelajaran problem based learning
0 comments:
Posting Komentar