Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester: II/1
Waktu: 20 menit
Keterampilan: Menjelaskan
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
B. Kompetensi Dasar 1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
C. Indikator 1.1.1 Menunjukan bagian-bagian tubuh utama hewan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
D. Tujuan Melalui pengamatan, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh utama hewan di sekitar rumah dan sekolah.
E. Tujuan Latihan Agar mahasiswa terampil mengajar dengan keterampilan menjelaskan dengan komponen : menganalisa dan merencanakan yang berhubungan dengan isi materi dan menyajikan suatu penjelasan.
F. Materi Pembelajaran 1. Bagian-bagian tubuh utama hewan kucing (telinga, leher, mata, mulut, perut, kaki, ekor).
2. Bagian-bagian tubuh utama hewan burung (kepala, badan, sayap, kaki, ekor)
G. Model dan Metode Model : Cooperative Learning.
Metode: Ceramah, diskusi, tanya jawab.
H. Tahapan Pembelajaran No. | Kegiatan | Komponen | Durasi | |
Guru | Siswa | |||
1. | Tahap Pembukaan Mengucapkan salam, berdoa, mengabsen dan memotivasi siswa. Apersepsi: Apakah kalian suka melihat hewan yang ada di sekitar kalian? Coba sebutkan hewan apa saja? Menyampaikan tujuan. | Menjawab | 3 Menit | |
2. | Tahap inti Memperlihatkan gambar hewan kucing kepada siswa | Mengamati | Pengunaan contoh | 15 Menit |
Menjelaskan bagian-bagian tubuh utama hewan kucing | Memperhatikan Menjawab | Kejelasan | ||
Memperlihatkan gambar hewan burung kepada siswa | Mengamati | Penguanaan contoh | ||
Membimbing siswa berdiskusi mengenai bagian-bagian tubuh utama hewan burung. | Bertanya Berdiskusi | Kejelasan | ||
Melakukan pengulangan kembali tentang bagian-bagian tubuh utama hewan | Memperhatikan | Pemberian tekanan | ||
Mengajukan pertanyaan pada siswa dan memberi kesempatan untuk menjawab | Menjawab | Balikan | ||
3. | Tahap Penutup Menyimpulkan materi, evaluasi, dan tindak lanjut. | Memperhatikan | 2 Menit |
Alat: Karton
Sumber: Gambar hewan
J. Evaluasi Tasikmalaya, April 2016
Simulator,
Rizki Siddiq Nugraha
0 comments:
Posting Komentar