Rabu, 26 Juli 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Teknik Komputer dan Jaringan

KI KD Teknik Komputer dan JaringanKompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan merupakan salah satu kompetensi yang menjadi sorotan Presiden Jokowi melalui Instruksi Presiden (INPRES) Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia yaitu dengan menyelenggarakan Program Sertifikasi Keahlian dan Sertifikasi Pendidik (Keahlian Ganda) bagi Guru SMA/SMK salah satunya Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi terkait dengan salah satu aspek penting dalam Kurikulum K13 hasil revisi yaitu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar atau disingkat dengan KI-KD yang saya khususkan untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. KI-KD ini nantinya menjadi acuan  dalam  penyelenggaraan pembelajaran di SMK/MAK.

Kompetensi Inti - Kompetensi Dasar ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 yang ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).
Baca juga, Bahan Ajar PLPG 2017 Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
Sebelum menjabarkan KI-KD untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, terlebih dahulu kita perjelas istilah KI-KD pada berbagai kategori yaitu sebagai berikut:

KI-KD mata pelajaran muatan nasional (A)
Kompetensi  Inti  dan  Kompetensi  Dasar  pada Muatan Nasional (A) adalah kompetensi inti dan kompetensi dasar dasar yang berlaku secara nasional.

KI-KD muatan kewilayahan (B)
Kompetensi  Inti  dan  Kompetensi  Dasar  pada Muatan Kewilayahan  (B)  adalah  kompetensi  inti dan  kompetensi dasar yang bisa dikembangkan sesuai dengan wilayahnya.

KI-KD dasar bidang keahlian (C1)
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Dasar Bidang Keahlian  (C1), adalah  kompetensi  inti dan  kompetensi dasar  yang ruang  lingkup  dan  kedalaman  materi  serta beban belajarnya berlaku sama untuk seluruh kompetensi
keahlian yang berada di dalam satu bidang keahlian

KI-KD dasar program keahlian (C2)
Kompetensi  Inti  dan  Kompetensi  Dasar  pada  Program Keahlian  (C2),  adalah  kompetensi  inti dan  kompetensi dasar  yang  ruang  lingkup  dan  kedalaman  materi  serta beban belajarnya berlaku sama untuk seluruh kompetensi keahlian yang berada di dalam satu program keahlian

KI-KD kompetensi keahlian (C3)
Kompetensi  Inti  dan  Kompetensi  Dasar  pada  Kompetensi Keahlian  (C3),  adalah  kompetensi inti dan  kompetensi dasar  keahlian  spesifik  yang  mewadahi  kompetensi keahlian,  berlaku  khusus untuk  kompetensi  keahlian yang bersangkutan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan spektrum kurikulum antara kompetensi keahlian satu dengan yang lainnya terletak pada KI-KD muatan kewilayahan (B) dan lebih khusus lagi pada KI-KD kompetensi keahlian (C3).


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (C3)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Mata Pelajaran : Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)

Jam Pelajaran : 216 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis jaringan berbasis luas
3.2 Mengevaluasi jaringan nirkabel
3.3 Mengevaluasi permasalahan jaringan nirkabel
3.4 Memahami jaringan fiber optic
3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis kabel fiber optic
3.6 Menerapkan fungsi alat kerja fiber optic
3.7 Mengevaluasi penyambungan fiber optic
3.8 Mengevaluasi perangkat pasif jaringan fiber optic
3.9 Mengevaluasi permasalahan jaringan fiber optic

KOMPETENSI DASAR
4.1 Membuat disain jaringan berbasis luas
4.2 Mengkonfigurasi jaringan nirkabel
4.3 Memperbaiki jaringan nirkabel
4.4 Mengkaji jaringan fiber optic
4.5 Menemutunjukkan kabel fiber optic
4.6 Menggunakan alat kerja fiber optic
4.7 Melakukan sambungan fiberoptic
4.8 Mengkonfigurasikan perangkatpasif jaringan fiber optic
4.9 Melakukan perbaikan jaringan fiber optic

Mata Pelajaran : Administrasi Sistem Jaringan

Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan sistem operasi jaringan
3.2 Mengevaluasi DHCP Server
3.3 Mengevaluasi FTP Server
3.4 Mengevaluasi Remote Server
3.5 Mengevaluasi File Server
3.6 Mengevaluasi Web Server
3.7 Mengevaluasi DNS Server
3.8 Mengevaluasi Database Server
3.9 Mengevaluasi Mail Server
3.10 Mengevaluasi Control Panel Hosting
3.11 Mengevaluasi Share Hosting Server
3.12 Mengevaluasi Virtual Private Server
3.13 Mengevaluasi dedicated hosting Server
3.14 Mengevaluasi VPN Server
3.15 Mengevaluasi sistem kontrol dan monitoring
3.16 Mengevaluasi sistem keamanan jaringan
3.17 Menganalisis permasalahan sistem administrasi

KOMPETENSI DASAR 
4.1 Menginstalasi sistem operasi jaringan
4.2 Mengkonfigurasi DHCP Server
4.3 Mengkonfigurasi FTP Server
4.4 Mengkonfigurasi Remote Server
4.5 Mengkonfigurasi File Server
4.6 Mengkonfigurasi Web Server
4.7 Mengkonfigurasi DNS Server
4.8 Mengkonfigurasi Database Server
4.9 Mengkonfigurasi Mail Server
4.10 Mengkonfigurasi Control Panel hosting
4.11 Mengkonfigurasi Share Hosting Server
4.12 Mengkonfigurasi Virtual Private Server
4.13 Mengkonfigurasi Dedicated Hosting Server
4.14 Mengkonfigurasi VPN Server
4.15 Mengkonfigurasi sistem kontrol dan monitoring
4.16 Mengkonfigurasi sistem keamanan jaringan
4.17 Melakukan perbaikan sistem administrasi

Mata Pelajaran : Teknologi Layanan Jaringan

Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami ragam aplikasi komunikasi data.
3.2 Menganalisis berbagai standar komunikasi data.
3.3 Menganalisis proses komunikasi data dalam jaringan.
3.4 Memahami aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara.
3.5 Menganalisis kebutuhan
3.6 Menganalisis kebutuhan beban / bandwidth jaringan.
3.7 Memahami konsep kerja protokoler Server softswitch.
3.8 Memahami diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
3.9 Memahami bagan dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
3.10 Menerapkan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch.
3.11 Menerapkan prosedur instalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
3.12 Memahami konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
3.13 Memahami fungsi firewall pada jaringan VoIP
3.14 Memahami prinsip kerja subscriber internet telepon
3.15 Menerapkan konfigurasi pada subscriber internet telepon
3.16 Mengevaluasi kerja sistem komunikasi VoIP
3.17 Mengevaluasi perawatan sistem komunikasi VoIP
3.18 Menganalisis permasalahan sistem komunikasi VoIP

KOMPETENSI DASAR
4.1 Menyajikan karakteristik ragam aplikasi komunikasi data
4.2 Menyajikan berbagai standar komunikasi data
4.3 Menyajikan hasil analisis proses komunikasi data
4.4 Menalar aspek-aspek teknologi komunikasi data dan suara telekomunikasi dalam jaringan.
4.5 Menyajikan hasil analisis kebutuhan telekomunikasi dalam jaringan
4.6 Menyajikan hasil analisis kebutuhan beban/bandwidth jaringan
4.7 Menalar konsep kerja protokoler Server softswitch
4.8 Menalar diagram rangkaian operasi komunikasi VoIP
4.9 Menyajikan bagan dan konsep kerja Server softswitch berkaitan dengan PBX.
4.10 Melakukan konfigurasi ekstensi dan dial-plan Server softswitch
4.11 Menginstalasi Server softswitch berbasis session initial protocol (SIP).
4.12 Menyajikan hasil konfigurasi eksistensi dan dial-plan Server softswitch.
4.13 Menalar fungsi firewall pada jaringan VoIP
4.14 Menalar prinsip kerja subscriber internet telepon
4.15 Membuat konfigurasi subscriber internet telepon.
4.16 Mengelola kerja sistem komunikasi VoIP
4.17 Melakukan perawatan sistem komunikasi VoIP
4.18 Melakukan perbaikan sistem komunikasi VoIP

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami sikap dan perilaku wirausahawan
3.2 Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa
3.3 Memahami hak atas kekayaan intelektual
3.4 Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/ jasa
3.5 Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
3.6 Menganalisis lembar kerja/gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
3.7 Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa
3.8 Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
3.9 Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa
3.10 Menganalisis perencanaan produksi massal
3.11 Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
3.12 Menerapkan proses produksi massal
3.13 Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
3.14 Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
3.15 Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
3.16 Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
3.17 Menentukan media promosi
3.18 Menyeleksi strategi pemasaran
3.19 Menilai perkembangan usaha
3.20 Menentukan standard laporan keuangan

KOMPETENSI DASAR
4.1 Memresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan
4.2 Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
4.3 Memresentasikan hak atas kekayaan intelektual
4.4 Membuat desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa
4.5 Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
4.6 Membuat lembar kerja/gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
4.7 Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
4.8 Membuat prototype produk barang/jasa
4.9 Menguji prototype produk barang/jasa
4.10 Membuat perencanaan produksi massal
4.11 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal
4.12 Melakukan produksi massal
4.13 Melakukan perakitan produk barang/jasa
4.14 Melakukan pengujian produk barang/jasa
4.15 Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional
4.16 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
4.17 Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar
4.18 Melakukan pemasaran
4.19 Membuat bagan perkembangan usaha
4.20 Membuat laporan keuangan

Sumber: Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 330/D.D5/KEP/KR/2017 yang ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Download KI-KD versi lengkapnya, klik di sini.

0 comments:

Posting Komentar

popcash